h1

Sekilas Tentang DIABETES MILITUS

April 16,2007

Penyakit diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit gangguan metabolik kronik yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa dalam darah. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikontrol dan komplikasinya (jantung dan pembuluh darah, ginjal, mata, saraf) diperlambat.

Penyakit DM digolongkan menjadi tipe 1 (DM tergantung insulin) dan tipe 2 (DM tidak tergantung insulin).

Penyebab DM tipe 1 adalah kerusakan pada sel beta di pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Kerusakan ini disebabkan adanya penyakit autoimun atau penyebab lain yang tidak diketahui.

Diabetes mellitus tipe 2 disebabkan kurangnya pengeluaran insulin oleh sel beta dengan atau tanpa terjadinya resistensi insulin. Gangguan ini dapat disebabkan faktor genetik, penyakit di pankreas, gangguan endokrin, obat-obatan dan infeksi.

Penanggulangan penyakit DM berdasarkan tipenya. Jika tipe 1 maka harus diberikan insulin. Sedangkan pada tipe 2 terapinya dapat berupa: pengaturan diet, olah raga, dan obat antidiabet oral dan pada keadaan tertentu diperlukan juga insulin.

Jika penyebabnya adalah penyakit autoimun atau faktor genetik, maka sulit untuk melakukan pencegahan. Namun pada DM tipe 2, upaya yang dapat dilakukan adalah pola makan yang benar dan olah raga. Orang yang gemuk ada hubungannya dengan risiko untuk mendapatkan DM tipe 2.

Untuk pemilihan dan pengaturan menu pada penderita DM, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi.(Dra. Yulia Trisna, Apt.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: