h1

Tips Sehat Saat Berpuasa

Agustus 29,2009

KapanLagi.com – Saat menjalani puasa kita memang perlu melakukan penjagaan ekstra pada kesehatan. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan di saat puasa. Berikut kami berikan beberapa tips yang dapat Anda terapkan selama berpuasa.

Makanan Sehat Saat Buka

Ada aturan ideal untuk berbuka. Anda bisa memulai membatalkan puasa dengan cara:

Awali dengan pilihan minuman seperti:

– Minum jus

– Minum susu rendah lemak

– Menyantap sup

Lanjutkan dengan makan seimbang seperti:

– Salad sebagai permulaan.

– Dapatkan asupan protein dari masakan berisi ayam, daging atau ikan, kacang polong, buncis atau kedelai (tahu/tempe).

– Dapatkan karbohidrat penuh dari beras merah, pasta atau roti gandum.

– Sayuran dan buah juga diperlukan dalam hal ini

Pilihan Makanan Untuk Sahur

Sahur adalah salah satu saat makan penting sewaktu menjalankan puasa. Sahur akan tetap menjaga tingkat energi sepanjang hari selama berpuasa. Jadi, jangan lewatkan sahur supaya nutrisi sebagai bahan bakar tubuh Anda tetap terisi. Untuk sahur sehat, Anda dapat memilih makanan seperti:

– Roti gandum dengan selai atau keju.

– Sereal berserat tinggi dengan susu rendah lemak.

– Buah-buahan segar atau kering, termasuk nanas.

– Kacang-kacangan.

Hindari Kopi dan Teh Saat Berbuka dan Sahur

Pagi pecinta kopi dan teh, mungkin ada baiknya menghindari minuman ini selama puasa. Jus buah segar jadi pilihan bagus sebagai penggantinya. Kopi dan teh mengandung kafein, yang akan membuat Anda kehilangan lebih banyak air saat buang air kecil.

Minum teh setelah makan dapat mengurangi kandungan zat besi yang diserap tubuh dari makanan. Jadi lebih baik minum air putih setelah berbuka atau sahur. Jika Anda bosan, bisa ditambahkan perasan jeruk nipis dalam air minum Anda.

Yang Disarankan Saat Berpuasa

– Batasi makanan-makanan manis hanya sekali dalam seminggu, lebih baik pilih buah segar untuk pencuci mulut.

– Setelah berbuka, rileks lah sejenak, lalu jalan-jalan atau lakukan gerakan-gerakan tubuh ringan.

– Hindari nyamil sebelum tidur, tapi pastikan Anda sahur.

– Minum lah banyak air di antara waktu berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi.

Selamat menjalankan ibadah puasa. (kpl/erl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: