h1

Kelainan Saraf Tepi (by Dr. Achdiat Agoes, Sp.S.)

Desember 25,2009

Kelainan Saraf Tepi
Gangguan ini adalah kumpulan penyakit-penyakit yang terjadi dan melibatkan susunan saraf tepi. Sehingga untuk dapat mudah memahami penyakit ini perlu diketahui dan ‘dikuasai’ anatomi, fisiologi, biokemistri, dan farmakologi saraf tepi.

Anatomi
Saraf Tepi adalah bagian dari Susunan Saraf pada manusia yang dapat dibedakan atas Susunan Saraf Pusat (terdiri dari Otak dan Medula Spinalis) dan Susunan Saraf Tepi yang terdiri dari juluran inti sel saraf yang berada di dalam otak dan medula spinalis menuju ke efektor yaitu kulit dan atau otot. Saraf tepi yang terganggu akan menimbulkan kelainan seperti lumpuh atau lemah (bila mengenai saraf motorik) atau perasaan sensasi yang terganggu seperti tidak merasa, merasa kesemutan, merasa ditusuk-tusuk, atau merasa panas yang sangat tidak nyaman sampai nyeri hebat (bila yang terkena adalah saraf sensorik). Semua keluhan ini dapat terjadi karena gangguan hantaran saraf pada saraf tepi tersebut tidak berfungsi dengan benar. Penyebab gangguan tersebut antara lain karena kerusakan akson dan atau kerusakan mielin yang membungkus akson.

Jadi, secara anatomis, saraf tepi dapat dipahami sebagai suatu sistem yang berfungsi menghantarkan informasi berupa impuls elektrik ke arah efektor atau reseptor dalam hal ini kulit. Saraf tepi ini tersusun dari inti sel saraf yang terletak di otak dan di medula spinalis. Bila di otak disebut sebagai saraf kranialis atau saraf kepala. Bila di medula spinalis disebut sebagai radiks spinales yang terdiri dari 8 pasang di cervical, 12 thorakal, 5 lumbal dan 5 sakral. Dari kedua pasang serabut-serabut saraf ini kemudian membentuk saraf-saraf yang menuju ke efektor seperto otot, kulit, tendon, bursa dsbnya. (will be cont’d)

Tags: nerves, neuropathy, neurtropic vitamines, peripheral nerve disorders

3 komentar

  1. salam kenal dok,dian nama saya,saya mempunyai adik semenjak dari lulus sekolah dasar 2004,dia mengalami keseimbangan badan jd kadang jatuh sendiri
    dan yang terakhir ga bisa jalan lama kelamaan ga bisa ngomong sampai sekarang tolong dok minta info untuk kesembuhannya terima kasih


  2. trims berat atas artikel ini.Sangat informatif dan fungsional.saya 18 tahun bermasalah dengan kelumpuhan sangat memerlukan bantuan info ini,plus solusi dan info obat yang dapat mengatasi kelumpuhan ini,paling tidak..,dapat meringankan sakit ini,thanx.


  3. informatif dan fungsional.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: