h1

ANALISA SWOT

Desember 5,2011

Strategi Umum Organisasi

Kita akan menggunakan strategi untuk perencanaan strategi dan manajemen strategi.
 Strategi adalah alat untuk mencapai tujuan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut dan prioritas sumber daya. Alat untuk menciptakan keunggulan bersaing.
 Perencanaan strategi adalah kerangka kesepakatan untuk melaksanakan pemikiran strategis, pengarahan dan pengendalian serta aksi yang ditujukan untuk pencapaian hasil secara konsisten dan terencana.
 Manajemen strategi adalah proses menentukan upaya perencanaan strategis dalam memilih dan menerapkan berbagai strategi yang paling sesuai untuk kebutuhan organisasi

I. Tujuan Strategi

a. Tujuan Umum
Memberikan arah dalam pengelolaan dan pengembangan jangka panjang dari organisasi

b. Tujuan Khusus
1. Berpikir strategis dan mengembangkan strategi efektif
2. Memberikan arah yang jelas kemana organisasi akan dikembangkan
3. Menetapkan prioritas pelaksanaan manajemen
4. Menetapkan prioritas hari ini untuk kepentingan masa depan
5. Mengembangkan dasar terpadu bagi pengambil keputusan
6. Melaksanakan kewibawaan maksimal dlm pengawasan manajemen
7. Melakukan keputusan lintas hirarki dan lintas fungsi
8. Mencari solusi berbagai permasalah manajemen
9. Mampu menjawab berbagai perubahan lingkungan
10. Membentuk team work dan expertise

II. Perencanaan Strategi

SWOT merupakan salah satu contoh dari perencanaan strategi. Tahapan perencanaan strategis sebagai berikut:
1. Tahap pengumpulan data
2. Tahap analisa
3. Tahap pengambilan keputusan

III. Kerangka Analisa Kasus

1. Tahap 1 : Memahami situasi dan informasi yang ada.
2. Tahap 2 : Memahami permasalahan yang terjadi, baik masalah yang bersifat umum maupun spesifik.
3. Tahap 3 : Menciptakan dan memberikan berbagai alternatif pemecahan masalah.
4. Tahap 4 : Evaluasi pilihan alternatif dan memilih alternatif yang terbaik. (caranya dengan membahas sisi pro dan kontra dan memberikan bobot dan skor untuk masing-masing alternatif dan sebutkan kemungkinan yang akan terjadi)

IV. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

• Pengenalan akan kekuatan yang dimiliki akan membantu organisasi untuk tetap menaruh perhatian dan melihat peluang-peluang baru, sedangkan penilaian yang jujur terhadap kelemahan-kelemahan yang ada akan memberikan bobot realisme pada rencana-rencana yang akan dibuat organisasi.
• Pada sisi lain terdapat kekuatan-kekuatan di luar organisasi yang mempengaruhi operasi dan kinerja organisasi tersebut. Kemampuan atau ketidakmampuan untuk mengidentifikasi kekuatan-kekuatan utama di luar organisasi akan sangat menentukan apakah organisasi akan berhasil atau gagal menjalankan misinya dan mewujudkan visinya.
• Hasil analisa akan memetakan posisi bidang terhadap lingkungannya dan menyediakan pilihan strategi umum yang sesuai, serta dijadikan dasar dalam menetapkan sasaran-sasaran organisasi selama satu tahun kepengurusan ke depan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan.

V. Sifat Telaah Faktor Eksternal dan Internal

1. Pencermatan lingkungan internal
Kekuatan
Kelemahan

2. Pencermatan lingkungan eksternal
Peluang
Tantangan

VI. Diagram Analisa SWOT

1. KUADRAN I (Mendukung strategi Agresif)
a. Merupakan posisi yang sangat menguntungkan.
b. Sebuah bidang mempunyai peluang dan kekuatan sehingga ia dapat memanfaatkan peluang yang ada secara maksimal.
c. Seyogyanya menerapkan strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.

2. KUADRAN II (Mendukung strategi Diversifikasi)
a. Meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan mempunyai keunggulan sumber daya.
b. Perusahaan-perusahaan pada posisi seperti ini dapat menggunakan kekuatannya untuk memanfaatkan peluang jangka panjang.
c. Dilakukan melalui penggunaan strategi diversifikasi.

3. KUADRAN III (Mendukung strategi Turn Around)
a. Sebuah bidang menghadapi peluang yang besar tetapi sumber dayanya lemah.
b. Karena itu tidak dapat memanfaatkan peluang tersebut secara optimal.
c. Fokus strategi bidang pada posisi seperti ini ialah meminimalkan kendala-kendala internal.

4. KUADRAN IV (Mendukung strategi Defensif)
a. Merupakan kondisi yang serba tidak menguntungkan.
b. Perusahaan menghadapi berbagai ancaman eksternal sementara sumber daya yang dimiliki mempunyai banyak kelemahan.
c. Strategi yang diambil: defensif, penciutan atau likuidasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: